Bosscha

Pada pembahasan artikel untuk sekarang, saya akan memberi info tentang Teropong Bintang Bosscha yang ada di kota Bandung. Lebih depat nya di daerah Lembang. Teropong Bintang yang sudah lama berdiri dari sejak jama Belanda ini masih bisa di pergunakan dengan baik sampai saat sekarang.

bandung, Sejarah, wisata bandung, Bosscha

Sejarah Teropong Bintang Bosscha

Teropong bintang Bosscha di bangun pada tahun 1923 oleh Nederlandsch – Indische Sterrenkundige Vereeniging (NISV) atau Perhimpunan Bintang Hindia Belanda, dan pada tahun beres  1928. Pembangunan teropong bintang ini menelan biaya sekitar 1 juta Gulden, yang di danai oleh Karel Albert Rudolf Bosscha, di bantu juga oleh Rudolf Albert Kerkhoven serta astronom kenamaan Belanda kelahiran Madium Jawa Timur, Joan George Erardus Gijsbertus Voute.

Maksud dan tujuan pembangunan Observatorium yang dahulunya bernama Bosscha Sterrenwacht ini bukan hanya proyek mercusuar atau hanya ke egoan dari para golongan kaya bangsa Belanda. Obeservatorium di bangun dan didirikan dengan tujuan penting dari para ahli astronomi pada abada ke -20, di mana para astronomi ini  menyadari bahwa gugusan bintang-bintang di angkasa ternyata membentuk sebuah sistem galaksi yang satu sama lainnya terikat.

bandung, Sejarah, wisata bandung, Bosscha

Dengan berbekal keingin tahuan memahami struktur jaringan galaksi yang sangat luat tersebut, maka mereka berpikir, tak hanya cukup meneliti apabila sejumlah teleskop besar untuk meneliti galaksi tersebut, dengan hanya berpusat di belahan Bumi bagian utara saja, seperti Eropa dan Amerika.

Tentang Teropong Bintang Bosscha

Nah para pembaca yang baik dan saya cintai di mana pun anda berada. Apabila anda-anda sekalian sedang suntuk dengan suasana kota-kota besar dan ingin niis alias me refresh otak anda. Ada baiknya anda berkunjung ke lokasi ini. Bukan hanya suasanya yang sejuk, jauh dari polusi udara yang biasa kita hirup setiap hari, di sini juga anda bisa mengamati bintang-bintang yang ada di luar angkasa. Kalo kata trend para guru-guru di sekolah mah, ini teh di sebut Study Tour.

Walaupun tidak langsung terbang ke luar angkasa, setidak nya kita bisa melihat-lihat suasana di luar angkasa melalui teropong bintang . Bukan saja tentang astronomi saja pelajaran yang bisa anda dapatkan di sini, tapi sejarah tentang kota Bandung pun bisa anda dapatkan di sini. Ini teropong binta Bosscha ini merupakan teropong bintang terbesar di Indonesia.

bandung, Sejarah, wisata bandung, Bosscha

Beberapa Jenis Teleskop Besar Yang Ada di Observatorium

  • Teleskop Refraktor Ganda Zeiss
  • Teleskop Schmidt Bima Sakti
  • Teleskop Refraktor Bamberg
  • Teleskop Cassegrain Goto
  • Teleskop Refraktor Unitron
  • Teleskop Surya
  • Teleskop Radio 2,3 M

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Observatorium Bosscha

Lokasi dari observatorium ini adalah Lembang Bandung Jawa Barat, untuk reservasi di no Tlp: (022) 2786027. Untuk harga tiket masuk ke lokasi wisata ini, pengunjung bisa membayar tiket masuk secara langsung ( kategori kunjungan pribadi/keluarga) serta dengan cara harus registrasi terlebih dahulu (instansi/sekolah) yang di tujukan untuk mengatur jadwal kunjungan di observatorium ini.

Dan untuk harga tiketnya adalah

Kunjungan siang dengan tarif Rp.15.000/orang

Kunjungan malam dengan tarif Rp.20.000/orang (17.00 – 20.00)

 

Sumber

http://visitlembang.com/observatorium-bosscha-lembang/

http://news.liputan6.com/read/2211988/bosscha-lembang-open-house-warga-antusias-meneropong-planet

https://indonesiaituindah.com/destinasi-tempat-wisata-di-lembang.html

http://reportaseharga.com/harga-tiket-masuk-observatorium-bosscha

 

 

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *