Saung Angklung Udjo

Hari ini saya akan membahas salah satu Kawasan Seni dan Budaya yang ada di kawasan Bandung Timur,  yaitu Kawasan Seni dan Budaya Saung Angklung Udjo, apa saja yang ada di kawasan ini, kebudayaan dan seni apa saja yang menjadi ciri khas. Yuk baca informasinya di artikel yang akan saya bahas.

Saung Angklung Udjo, bandung, Tempat Hitz, wisata bandung, Wisata Kuliner

Tentang Saung Angklung Udjo

Kota Bandung sangatlah terkenal dengan keindahan alamnya. Di sana kita bisa menemukan tempat-tempat wisata alam yang sangat menawan. Tidak hanya itu saja, apabila anda berkunjung ke kota Bandung, anda dapat menemui salah satu tempat Wisata Seni dan Budaya  yang tepat untuk tempat pendidikan, maupun liburan. Kawasan Wisata Seni dan Budaya dengan ciri khas Budaya Kesenian Sundanya yang berupa pargelaran seni musik Angklung, tidak hanya saja Kesenian Angklungnya, di sini juga terdapat beberapa Kesenian Sunda yang lainnya, seperti pergelaran seni tari dan lainnya.

Saung Angklung Udjo yang merupakan pusat pelestarian dan pertunjukan kebudayaan tradisional yang ada di kota Bandung. Di kawasan ini sering ada kunjungan Wisata Seni dan Budaya, mulai dari rombongan sekolah yang ingin mempelajari kebudayaan tradisional langsung di tempatnya. Saung Angklung Udjo juga menarik perhatian Dunia Internasional sehingga banyak Wisata mancanegara yang datang berkunjung untuk menikmati suara Angklung yang indah dan menenangkan hati.

Sejarah Pendiri dari Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo di bangun pada tahun 1966 oleh Bapak Udjo Ngalagena atau juga di kenal sebagai Mang Udjo bersama dengan istrinya, Uum Sumiati, dengan tujuan melestarikan seni dan budaya tradisional Sunda.

Bapak Udjo Ngalagena adalah seorang seniman angklung yang berasal dari Jawa Barat, lahir pada tanggal 5 maret 1929. Bapak Udjo Ngalagena adalah anak ke enam dari pasangan Wiranta dan Imi. Bapak Udjo Ngalagena sudah mengenal Kesenian angklung dengan akrab sejak berumur 4 tahun, sehingga tidak heran bila Bapak Udjo Ngalagena sangat mencintai Kesenian ini sampai akhirnya mendirikan Saung Angklung Udjo.

Selain Kesenian Angklung, Bapak Udjo juga mendalami seni bela diri tradisional yaitu pencak silat, gamelan, kecapi dan juga lagu-lagu daerah berbahasa Indonesia dan Belanda. Karena itu Saung Angklung Udjo tidak hanya menyajikan pertunjukan Angklung, namun juga berbagai macam Kesenian khas Jawa Barat.

Sepeninggal Bapak Udjo pada tanggal 03 Mei 2001, Saung Angklung Udjo tetap di teruskan oleh para putra-putri Bapak Udjo, sehingga kawasan Wisata Seni dan Budaya tetap ramai dengan pengunjung yang ingin menyaksikan keindahan Kesenian Tradisional Daerah.

Pertunjukkan yang dapat kita saksikan di Saung Angklung Udjo:

Saung Angklung Udjo, bandung, Tempat Hitz, wisata bandung, Wisata Kuliner

Saung Angklung Udjo, bandung, Tempat Hitz, wisata bandung, Wisata Kuliner

Saung Angklung Udjo, bandung, Tempat Hitz, wisata bandung, Wisata Kuliner

  • Demonstrasi Wayang Golek.
  • Tari Topeng.
  • Angklung Orkresta.
  • Bermain Angklung Bersama.
  • Menari Bersama.

Harga Tiket Masuk Saung Angklung Udjo

Harga tiket pertunjukkan Saung Angklung Udjo

  • Dewasa (WNI) Rp 60.000
  • Dewasa (WNA) Rp 100.000
  • Pelajar (WNI) Rp 40.000
  • Pelajar (WNA) Rp 60.000
  • Anak di bawah umur 3 tahun (gratis)

Harga di atas berlaku untuk hari kerja dan akhir pekan. Selain itu, tiket pertunjukkan juga sudah termasuk minuman dengan pilihan: air mineral, teh atau es lilin serta souvenir berupa gantungan kunci berbentuk angklung.

Lokasi Saung Angklung Udjo

Lokasi kawasan Wisata Seni dan Budaya ini terletak di Jln Padasuka No 118, tidak jauh dari pusat kota Bandung. Bila menggunakan angkot, dari Surapati, naik angkot Cicaheum – Ciroyom (arah Cicaheum) kemudian turun di perempatan Padasuka, dari sini Anda dapat berjalan kaki sejauh kurang lebih 500 meter atau bisa naik ojek .

 

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *